Baut Tips

Baut dan mur sepertinya hanya sekadar benda berulir. Di balik rupanya, ternyata menyimpan beragam fakta dan cerita yang harus dikenali. Salah aplikasi bisa timbul masalah saat berkendara. Seperti Johny, pemilik Toyota Kijang Krsita yang salah memasang mur roda. Setir terasa goyang walau komponen kaki-kaki sudah diganti. Berikut beberapa jenis mur dan baut yang biasa diaplikasi pada kendaraan.
-->>

Cara Mengukur Baut


Untuk ukuran baut ini biasanya menggunakan satuan milli  dan inchi. Untuk ukuran kepala baut ini biasanya hanya di gunakan  untuk ukuran kunci. Sedang baut ini cara mngukurnya hanya menghitung drat  yang masuk pada bagian dalam bagan dalam. Dan alat yang di gunakan untuk mengukur baut ini menggunakan sketmat. Jadi rumusnya adalah Diameter X panjang Drat. Klo kita mengkur baut untuk jenis Taping ya kita ukur kepalanya bukan diameter ulirnya, kepala baut taping X panjang baut.




TIPS merawat Mur dan Baut

Tahukan Anda kinerja mesin dipengaruhi mur dan baut? Untuk itu jangan pernah menganggap sepele, perawatan mur dan baut, simak tips berikut ini :
  • Untuk menghindari karat permanen, bersihkan mur dan bautsecara berkala dengan cara merendam mur dan bautpada minyak tanah atau bensin, agar kotoran atau karat pada alurbaut dan mur hilang. Setelah kering gunakan pelumas oli untuk mencegah timbulnya karat.
  • Bila mur dan baut sulit dibuka karena karat, bersihkan mur dan baut dari kotoran atau korosi yang menggumpal dengan minyak tanah atau cairan penghilang karat, sambil memukul perlahan-lahan kepala serta as baut dengan kunci atau obeng. Cara demikian membuat cairan meresap ke sela alur sehingga mur dan baut mudah dibuka.
  • Pergunakan kunci ring atau pas dan obeng yang tepat, guna menghindari gugus (slek) baut dan mur, seperti penggunaan obeng berujung negatif saat membuka baut berkepala positif.
  • Gunakan kunci momen agar mendapat tingkat pengencangan mur yang tepat. Hindari pengencangan yang terlalu keras untuk menghindari mur dan baut aus.

Cara Mencegah Mur Baut Velg Tidak Macet

Mur baut MobilPernah sulit membuka baut roda mobil ketika mengalami ban kempis? Pemicunya bisa karena pemasangan tidak pas (miring). Yang berbahaya lagi, bila bagian itu sampai lepas karena ulirnya sudah termakan (dol) atau ukurannya tidak pas. Selain itu, model pengunci roda ada dua, tanam atau tancap.
Untuk mencegah baut roda macet, ikuti langkah-langkah di bawah ini.


1. Pemilihan mur dan baut
Perhatikan tonjolan (cones) dari mur atau baut. Jika tak sesuai (ngeplak) sama velg, maka itu pasti bikin lubang velg tergerus. “Bisa juga karena titik ‘gigit’ antara tonjolan dan velg cuma sedikit dan tidak merata,” bilang Felix dari gerai velg Revolution, Radio Dalam, Jakarta Selatan.
2. Derat/ulir
Derat harus sesuai dengan lubang di teromol. Kalau derat di baut terlampau besar (kasar) dan dipaksakan, maka hal itu akan membuat ulir di lubang teromol termakan (rusak). Jika sudah terpasang, maka baut susah dibuka.
3. Gemuk
Jika baut roda sudah berkarat, maka hal itu bisa mengakibatkan baut susah dibuka atau seret. Sebaiknya, sebelum dipasang, olesi baut dengan gemuk. Namun, jangan terlalu banyak karena baut bisa tidak masuk dengan sempurna.
4. Mengencangkan berlebihan
Disarankan, jangan mengencangkan baut atau mur berlebihan karena bisa bikin ulir pengunci roda itu rusak. Lebih parah, jika kualitas baut atau mur tidak bagus. Ini bisa mengakibatkan baut menjadi mulur.
5. Kencangkan menyilang
Setiap roda mobil umumnya ada yang “diikat” dengan 4 atau 5 baut. Malah, sebagian jenis SUV menggunakan 6 baut. Kita ambil contoh yang 4 baut. Pengencangannya dilakukan secara menyilang (huruf X) agar kekuatan merata di setiap baut. Kalau terdiri dari 5 baut, maka lakukan pemasangan baut menyilang menyerupai bintang. Disarankan, setiap pemasangan baut jangan langsung dikencangkan. Pasang dulu semuanya, baru lakukan pengencangan menyilang.


Material
Jika dicermati lebih detail, tampilan luar baut dan mur mewakili material pembuatnya. Lebih detail bisa dilihat dari warnanya. Umum yang dijajakan di pasaran, berwarna gelap atau tepatnya kelabu agak kehitaman, yang menggunakan material baja hitam.

Material ini diyakini lebih kuat dari bahan lainnya. “Sangat efektif untuk baut pengikat sylinder head atau kruk as. Karena lebih tahan panas mesin dan tidak memuai,” papar Audi Wastro, pemilik bengkel Champ Motorsport di daerah Cipinang Muara, Jaktim.

Bahan pembuat baut dan mur lainnya yaitu besi biasa, yang tampilannya secara kasat mata terlihat mengilap seperti krom. Menurut Dani, pedagang baut dan mur dari kios Jaya Pratama di Glogok Jaya, Jakbar, material dari besi banyak yang mendapat sentuhan akhir dari produsennya. Lama kelamaan, baut yang terbuat dari bahan ini terlihat memudar dan karatan.

“Kalau yang warnanya terlihat agak kekuning-kuningan, bukan berarti material pembuatnya dari bahan kuningan. Itu cuma hasil sepuhan, termasuk yang warnanya agak krom,” papar pria yang juga buka kios serupa di daerah Cipondoh, Tangerang itu.

Kekuatan material dari baja memang lebih kuat ketimbang besi. Pasalnya proses pembikinan melalui tahap pengecoran, dalam kondisi baja masih cair kemudian langsung didinginkan sehingga tak menimbulkan rongga di dalam. Karena tahan terhadap panas mesin, baut jenis ini lebih tahan pemuaian dan tidak melenting.

Sementara untuk bentuk ulir, yang umum dipakai untuk keperluan mobil, adalah ukuran 1,25 atau 1,5. Pada beberapa baut, ukuran ini terdapat pada bagian kepala. Artinya antara tiap ulir memiliki jeda 1,25 mm atau 1,5 mm. Daya rekat ulir yang lebih renggang atau kasar akan lebih kuat daripada yang ulir halus.


Baut Biasa
Baut ini paling banyak ditemukan. Harganya yang murah, mulai Rp 500 hingga Rp 3 ribu menjadikan baut jenis ini paling banyak diaplikasi. “Warna kuning materialnya berasal dari besi biasa yang disepuh, otomatis kurang kuat menahan karat,” jelas Suryanto yang membuka kios Central Baut Sejati di BSD Auto Part Blok C25, Serpong.

Bentuk kepalanya bermacam-macam. Umum dijumpai berbentuk segi enam biasa, jenis lain menggunakan topi di kepala baut, ada juga yang menggunakan obeng min atau kembang untuk aplikasinya. Beragam perbedaan ini tergantung penempatannya. Karena terbuat dari besi biasa, untuk jangka waktu lama, baut ini harus diperiksa.


Baut Bumper
Bentuknya menyerupai baut pada umumnnya, hanya saja kepalanya bulat polos seperti jamur. Ukuran diameter juga tidak terlalu besar, mulai 6 mm hingga 14 mm. “Dinamakan begitu karena biasa dipakai pada bagian bumper yang tidak sering dibongkar pasang,” urai Acun, panggilan Suryanto.

Otomatis material harus terbuat dari stainless agar daya tahannya lama. Di bagian leher, terdapat segi empat yang berfungsi sebagai pengunci. Jadi bagian mur yang berfungsi untuk mengencangkannya. Harganya mulai Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu. Dibuat seperti ini karena saat pemasangan hanya 1 sisi yang mampu dijangkau oleh kunci.


Baut Flange
Material baut ini beragam, mulai dari besi biasa hingga baja hitam yang lebih awet. Terdapat topi di bagian leher yang berfungsi sebagai pengganti ring. Fungsi mirip dengan baut orisinal yang sudah terdapat ring, hanya saja penggunaannya lebih praktis.

Biasa digunakan untuk mengikat di beragam bagian, mulai dari komponen mesin hingga bodi agar lebih kuat, namun tetap terlihat rapi. Harga yang ditawarkan mulai Rp 2 ribu hingga Rp 10 ribu tergantung material pembuatnya dan ukuran.




Baut L
Baut jenis ini jadi favorit karena bentuknya lebih simpel dan rapi. Juga meningkatkan eksklusivitas tunggangan. Banyak terpakai pada bagian bodi kendaraan dan aksesori, terutama mobil jip. Biasanya terdapat di over fender, aksesori yang terpasang hingga engsel pintu.

Menggunakan baja sebagai bahan dasar, daya tahannya menjadi pertimbangan utama karena lebih tahan serangan karat. Sesuai namanya, menggunakan baut jenis ini harus menggunakan kunci L. Keuntungan lain memakai kunci L, mencegah tangan jahil yang berkeliaran. Harganya berkisar Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu.


Mur dan Baut Roda
Khusus untuk bagian roda, umumnya pabrikan mobil mengandalkan mur dengan grade 8.12. Artinya baut dan mur ini memiliki durabilitas mumpuni, kuat meski suhu mencapai di atas ambang normal. Kemudian perhatikan ulirnya. Umumnya jarak tiap ulir 1,25 mm, berfungsi agar lebih kuat menahan beban saat roda berputar.

Harga dipatok sesuai dimensi baut dan mur. Untuk mobil-mobil Jepang, paling murah dibanderol Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu. Sementara buat besutan Eropa, harga termurah untuk baut roda ditawarkan sekitar Rp 30 ribuan. Pemasangannya perlu memperhatikan jenis mur bawaan pabriknya.


-->>
Baut Orisinal
Dinamakan begitu karena sudah terpasang dari masing-masing pabrikan. Materialnya dari baja putih yang tahan karat. Sudah terdapat 2 buah ring untuk menjaga tingkat kekencangan. Ukurannya bervariasi menyesuaikan masing-masing pabrikan.

Biasa terdapat di beberapa bagian mesin yang jarang dilepas pasang, contohnya pada setelan kekencangan alternator atau kompresor AC. Melihat fisiknya, tampak kualitas buatan dan material lebih halus dari baut biasa. Karena itu harga di pasaran lebih tinggi dibanding baut biasa. Berkisar Rp 2 ribu hingga Rp 7 ribu.


Mur
Sebagai pasangan baut, mur mutlak tahu betul kapasitas baut. Artinya, berapa diameter dan jarak ulir baut, mur harus menyesuaikan diri. “Mencegah ulir dol, saat dikencangkan tahap awal dengan tangan, mur harus mudah diputar,” jelas Acun yang berdagang mur dan baut sejak 3 tahun lalu.

Bentuknya berbeda-beda. Banyak tersedia mur biasa berbentuk segi enam, juga jenis lain dengan topi. Berfungsi agar kekencangan pengikatan lebih kuat. Khusus untuk mur tie-rod, bentuknya seperti bidak benteng catur. Gunanya untuk tempat spi pengunci.


Baut Mesin
Kondisi suhu tinggi pada komponen blok mesin, mengharuskan pemakaian baut dan mur sesuai kebutuhan. Sama halnya dengan mur roda, baut dan mur buat mengikat komponen blok mesin harus mengandalkan grade 8.12. Bahan material minimal menggunakan baja hitam. Memang ada yang mengaplikasi baut dengan grade lebih rendah, 8.8, hanya untuk beberapa mobil lawas macam Toyota Kijang Super.

Bentuk ulir juga terlihat beda. Biasanya kepala menggunakan kunci L. Pada beberapa bagian mesin ada yang membutuhkan jenis baut tertentu. Bodi berbentuk polos di pangkal, serta ulir berada di bagian tengah sampai ujung baut. Kerapatan antar ulir biasanya berjarak 1,5 mm.

Cara Baca
M10x55-1,5-8.8
M = ukuran baut dalam metric
10 = diameter baut dalam millimeter
55 = panjang baut daari leher sampai ujung
1,5 = jarak ulir baut
8.8 = grade atau kelas baut